Senin, 30 Juli 2012

PELATIHAN BUDIDAYA LELE OLEH POKKAN “SIDOMAKMUR”


PELATIHAN BUDIDAYA LELE OLEH POKKAN “SIDOMAKMUR”




Pelatihan atau dapat disebut juga studi banding atas permohonan Food and Agriculture Organization of United Nations (RFLP-INS) tertanggal 12 Juni 2012. Suatu kejutan besar bagi pokkan “Sidomakmur” karena belum berpengalaman dalam melatih kelompok apalagi binaan FAO, dan umur kelompok yang terhitung muda dibanding kelompok perikanan di Kabupaten Sidoarjo serta Propinsi Jawa Timur.
 Tanggal 3 Juli 2012, adalah jadwal kedatangan peserta pelatihan. 
Seharusnya mereka tiba pukul 13.00, karena ada hambatan maka baru pukul 18.30 mereka tiba di pokkan “Sidomakmur”

Antara percaya atau tidak percaya atas surat tersebut, maka segenap anggota menyepakati untuk menjawab dan membuat jadwal pelatihan yang ditembusi kepada Pemerintah Desa Kramattemenggung, Kecamatan Tarik, Badan Ketahanan Pangan Kab. Sidoarjo dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Sidoarjo.
Sungguh sangat disayangkan bahwa acara ini tidak mendapat tempat serta apresiasi positif dari BKP dan DKP Kab. Sidoarjo, terutama PPL Kecamatan Tarik Jakaria (THL). Bahkan untuk kalangan kelompok se-kecamatan Tarik, Sidomakmur adalah kelompok yang pemula dan tidak layak atas penyelenggaraan pelatihan tersebut. Sidomakmur dianggap telah menyabotase pelatihan tersebut, yang seharusnya menjadi milik pokkan “Tirta Makmur” itu yang dikatakan Jakaria pada rapat koordinasi.
Dengan berpikir posistif Sidomakmur tetap mengajak kelompok dan UPP untuk berpartisipasi, tetapi hanya pokkan “Mergojoyo” dari desa Mergosari dan pokkan “Tirta Sejahtera” dari desa Singogalih yang mendukung penuh serta berpartisipasi dalam memberikan pelatihan. Disepakatilah bahwa Sidomakmur akan menyelenggarakan pelatihan pembuatan pakan pelet apung dan tenggelam, pembuatan jamu lele (probiotik), pembuatan kolam terpal dan panen lele. Sementara Mergojoyo akan menyelenggarakan cara pemijahan lele dan Tirta Sejahtera menyelenggarakan pengelolaan pangan olahan.
Berangkat dengan keyakinan dan semangat yang kuat bahwa semua anggota akan melayani tamu dengan baik, maka tidak akan menimbulkan masalah dan kekecewaan untuk peserta.



Pelatihan Pembuatan Pakan Pelet Apung dan Tenggelam
Hari Rabu, 4 Juli 2012
Sidomakmur walau sebuah kelompok baru, tetapi berkat ketekunan dan inovasinya telah dapat membuat pakan pelet apung. Pakan pelet apung hanya sebagian pembudidaya yang mengetahuinya karena pakan ini masih dalam uji lapangan serta laboratorium oleh Politeknik Negeri Jember.

 
 Terlihat dalam gambar antusias peserta dalam mengolah pakan dan tampak bahwa Sidomakmur memberdayakan kaum muda.


Pelatihan Pembuatan Jamu Lele untuk Pakan dan Air (Probiotik)
Hari Rabu, 4 Juli 2012

Teknik Pembuatan Kolam Terpal
Hari Rabu, 4 Juli 2012












3 komentar: